Alhamdulillah, setelah mengikuti proses mentoring eksklusif dari mentor-mentor khusus yang telah terjun di dunia bisnis, dan melakukan presentasi di depan 3 orang juri yang hebat dan cukup terkenal, akhirnya Faliha R. Silmy dan Naura Putri berhasil menjadi juara 2 pada kompetisi mendesain Business Plan tingkat SMA yang diselenggarakan oleh Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Pada tahapan sebelumnya, kelompok bernama Tria Ambisi ini berada pada urutan ke 9 dari 10 kelompok yang lolos dalam Top Ten Business Plan Competition Ganesha Business Festival 2021. Pengumuman terkait hal ini telah dirilis oleh penyelenggara pada tanggal 25 April lalu. 

 

Kategori yang dipilih adalah Teknologi Industri dengan mengangkat isyu Fast Fashion, dan solusi yang ditawarkan adalah PakeLagi; sebuah aplikasi digital berupa marketplace barang-barang secondhand, yang konsepnya "dari pengguna, untuk pengguna", dan tentunya sejalan dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia yakni  “Freedom of Creativity in a Zero Waste Business Movement to Realize Green Business”. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut di antaranya JubelLagi (jual beli pakaian secondhand), TukarLagi, PermakLagi, dan Donasi.

 

Dengan nama Tria Ambisi, Silmy, Naura dan Lintang (rekan mereka dari SMAN 3 Bandung) berhasil mengungguli 49 kelompok lain dari berbagai sekolah di Indonesia, bahkan saingan terberat adalah beberapa tim yang memang sudah berpengalaman menjalankan bisnisnya.

 

“Yang paling penting dalam mendesain business plan ini, kami harus memikirkan banyak hal terkait prospek bisnis tersebut, mulai dari pembiayaan, pajak, target pasar, modal yang semuanya harus jelas dan terstruktur, dan banyak hal lagi. Selain itu, kami juga belajar banyak istilah baru" 

"Intinya, kami sangat senang atas pencapaian ini, dan cukup bangga karena bisa kenal orang-orang hebat di luar sana, menambah pengalaman, dan mendapat sertifikat, pastinya” ujar Silmy.

 

Selamat buat Silmy, Naura & Lintang. Civitas akademika SMA YPS soroako bangga dengan prestasi yang telah diraih. Semoga dapat menginspirasi dan memotivasi siswa lainnya.